Apa Itu Ecommerce, Manfaat Serta Keuntungannya

Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan munculnya ecommerce yang semakin maju juga. Teknologi terbaru ini mulai diperkenalkan di tahun 1994 dengan pertama kali banner –elektronik digunakan dengan tujuan mempromosikan serta mengiklankan halaman di suatu website.

Dengan adanya ecommerce banyak melibatkan kegiatan agar proses transaksi elektronik misalkan transfer dana elektronik, system untuk pengolahan data inventory yang mana digunakan di system computer maupun jaringan komputer, pertukaran untuk data elektronik dan lain sebagainya.

Apa Pengertian dari Ecommerce?

Riset Forrester menyatakan bahwa perdagangan dari elektronik ini menghasilkan proses penjualan senilai $12,2 Milliar USD di tahun 2003. Dari laporan yang beredar di bulan Oktober tahun 2006, pendapatan ritel online sifatnya non-travel Amerika Serikat akan diramalkan mencapai ¼ Triliun USD di tahun 2011. Perubahan istilah dalam perdagangan elektronik sudah berubah seiring waktu.

Pada awalnya saat webs mulai dikenalkan kepada masyarakat di tahun 1994, banyak para jurnalis yang memperkirakan ecommerce menjadi sebuah sector ekonomi yang baru. Tetapi, baru 4 tahun kemudian terdapat protocol yang aman misalkan https yang memasuki tahap matang serta sering digunakan. Antara 1998 dan 2000 ada banyak jenis bisnis di AS juga Eropa mengembangkan berbagai situs web pada perdagangan ini.

Perdagangan elektronik atau electronic commerce yaitu menyebarkan, menjual, membeli, dan melakukan pemasaran untuk barang dan jasa dengan mengandalkan system electronic misalkan internet, jaringan computer, serta televisi.

Jenis dari ECommerce

Beberapa jenis ecommerce yang sering dipilih dan digunakan adalah:

  1. Ecommerce business to business atau B2B

    Jenis bisnis ini dikerjakan antara dua atau lebih orang yang saling mempunyai kepentingan untuk menjalankan bisnisnya, yang mana keduanya mengenal serta mengetahui bagaimana proses bisnis yang dilakukan tersebut.
    Umumnya bisnis ini dilakukan berkelanjutan sebab kedua belah pihak sudah memperoleh keuntungan serta adanya kepercayaan di antara satu sama lain, misalkan, saat kedua perusahaan melakukan transaksi jual beli misalkan secara online dengan proses pembayaran yang dilakukan secara tunai atau kredit.

  2. Ecommerce business to consumen (B2C)

    Ini merupakan bisnis yang dilakukan antar para pelaku bisnis bersama konsumen. Misalkan, produsen yang menjual produk kepada konsumen secara online. Pihak dari produsen akan menjalankan salah satu bisnis dengan melakukan pemasaran produk kepada konsumen dengan tidak ada feedback dari konsumen guna melakukan perjanjian bisnis kembali.

  3. Ecommerce consumer to consumer (C2C)

    Bisnis ini biasanya dilakukan antar konsumen dengan konsumen, contohnya konsumen dari produk tersebut akan menjual kembali produk tersebut ke konsumen yang lain.

  4. Ecommerce consumer to business atau C2B

    Bisnis dengan jenis ini dilakukan antar konsumen dengan produsen. Konsumen melakukan bisnis tersebut dengan produsennya dengan menjual berbagai produk dan jasa. Misalkan, konsumen memberitahukan berbagai detail produk serta jasa yang diinginkan secara online kepada produsen, kemudian produsen mengetahui permintaan tersebut dan menawarkan kembali jasa dan produk tersebut kepada konsumen.
    Beberapa jenis ecommerce di atas biasanya digunakan dengan kebutuhan masing-masing.

Manfaat yang Diperoleh dari Ecommerce

Beberapa manfaat yang didapatkan dari perdagangan elektronik ini yaitu:

  1. Memudahkan komunikasi yang dilakukan antar konsumen dan produsen.
  2. Memudahkan proses pemasaran serta promosi pada pasar yang luas.
  3. Jangkauan pasar pada calon konsumen semakin luas.
  4. Memudahkan proses pada penjualan serta pembelian.
  5. Mempermudah proses pembayaran sebab dapat dilakukan dengan online.
  6. Mempermudah proses penyebaran informasi.

Keuntungan dari Penggunaan Ecommerce

Banyak keuntungan yang di dapatkan dari perdagangan elektronik ini, salah satunya yaitu menjual produk maupun jasa secara online dengan tidak mendirikan toko atau kantor besar, namun mereka melakukan penjualan secara online dan ini telah dilakukan oleh para pebisnis yang kecil maupun yang berskala besar. Disini yang perlu anda punyai adalah koneksi internet, sebab ini menjadi salah satu hal penting sehingga bisnis yang anda jalankan bisa dihandle kapan saja dan dimana saja.

Keuntungan lainnya yang di dapatkan disini adalah kemudahan dalam berkomunikasi antar pihak penjual serta pembeli. Dinilai dari segi pemasarannya barang yang jauh bisa lebih menguntungkan sebab anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya yang besar dalam memperkuat proses promosi. Lagi-lagi hanya dengan menggunakan jaringan internet anda dapat melakukan promosi dimana saja dan kapan saja. Jadi, anda tidak akan terkendala oleh waktu, tempat, maupun tenaga.

Dalam penggunaan perdagangan elektronik sekarang ini dirasa lebih menguntungkan dibandingkan melakukan bisnis dengan jalan langsung, sebab saat ini masyarakat lebih tertarik membeli dan menjual apapun lewat internet. Inilah bukti bahwa perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di dunia.

Sebagai masyarakat jangan sampai tertinggal dengan perkembangan teknologi ecommerce yang semakin maju ini. Mari kita mengikuti perkembangan jaman untuk mengikuti trend yang ada, sebab jika anda tidak bergerak maka anda yang akan tertinggal.

sabadmin: